Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dengan Partisipasi Mengikuti Kelas Ibu Balita di Desa Ranah Baru Wilayah Kerja Puskesmas Kampar Tahun 2020
Nur Elfadhilah - Personal Name (Pengarang)Ridha Hidayat - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)Nila Kusumawati - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Text
English
2020
Bangkinang : Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
ABSTRAK
Kelas ibu balita adalah kelas dimana para ibu yang mempunyai anak berusia
antara 0 sampai 5 tahun secara bersama sama berdiskusi, tukar pendapat, tukar
pengalaman akan pemenuhan pelayanan kesehatan, gizi dan stimulasi tumbuh
kembang, penyakit yang di dibimbing oleh fasilitator (tenaga kesehatan) dengan
menggunakan buku KIA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan
pengetahuan dan sikap ibu dengan partisipasi mengikuti kelas ibu balita di desa
Ranah Baru wilayah kerja puskesmas Kampar tahun 2020. Jenis penelitian ini
menggunakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel
penelitian adalah ibu balita yang berjumlah 57 orang. Instrument pengumpulan
data berupa kuisioner mengenai pengetahuan, sikap dan partisipasi ibu balita.
Data dianalisis dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukkan partisipasi
ibu mengikuti kelas ibu balita di desa Ranah Baru wilayah kerja puskesmas
Kampar lebih banyak pada yang tidak aktif sebanyak 31 responden (54,4%).
Pengetahuan ibu mengikuti kelas ibu balita di desa Ranah Baru wilayah kerja
puskesmas Kampar lebih banyak pada Pengetahuan kurang sebanyak 31
responden (54,4%). Sikap ibu mengikuti kelas ibu balita di desa Ranah Baru
wilayah kerja puskesmas Kampar lebih banyak pada sikap tidak mendukung
sebanyak 30 responden (52,6%). Ada hubungan pengetahuan ibu dengan
partisipasi mengikuti kelas ibu balita di desa Ranah Baru wilayah kerja puskesmas
Kampar (pvalue=0,001). Ada hubungan sikap ibu dengan partisipasi mengikuti
kelas ibu balita di desa Ranah Baru wilayah kerja puskesmas Kampar
(pvalue=0,000). Di sarankan ibu balita agar selalu berpartisipasi mengikuti kelas
ibu balita untuk memantau kesehatan balitanya, Meningkatkan kegiatan kelas ibu
balita secara rutin dan terjadwal serta menambah ketrampilan tenaga kesehatan
dan Membuat inovasi-inovasi atau kegiatan-kegiatan yang menarik setiap
bulannya.
Detail Information
Citation
Nur Elfadhilah. (2020).
Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dengan Partisipasi Mengikuti Kelas Ibu Balita di Desa Ranah Baru Wilayah Kerja Puskesmas Kampar Tahun 2020(Publish).Bangkinang:Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Nur Elfadhilah.
Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dengan Partisipasi Mengikuti Kelas Ibu Balita di Desa Ranah Baru Wilayah Kerja Puskesmas Kampar Tahun 2020(Publish).Bangkinang:Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,2020.Text
Nur Elfadhilah.
Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dengan Partisipasi Mengikuti Kelas Ibu Balita di Desa Ranah Baru Wilayah Kerja Puskesmas Kampar Tahun 2020(Publish).Bangkinang:Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,2020.Text
Nur Elfadhilah.
Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu Dengan Partisipasi Mengikuti Kelas Ibu Balita di Desa Ranah Baru Wilayah Kerja Puskesmas Kampar Tahun 2020(Publish).Bangkinang:Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,2020.Text