Application of Cooperative Learning Model Think-Talk-Write Type for Improving Intensive Reading Skills
Dr. Nurmalina, M.Pd - Personal Name (Pengarang)
Text
English
2020
: Journal of English Language and Education
ABSTRAK
Rendahnya keterampilan membaca intensif dalam Bahasa Indonesia kelas empat MI
Darussalam menjadi latar belakang penelitian tindakan kelas ini. Ketidakefektifan
proses pembelajaran diduga oleh kurangnya inovasi dan kreativitas guru dalam
memilih model pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model
pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write sebagai upaya untuk meningkatkan
keterampilan membaca intensif kelas empat MI Darussalam. Peneliti adalah sebagai
subjek penelitian dan guru kelas empat MI Darussalam adalah sebagai pengamat.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan
menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Setelah melakukan penelitian,
dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata keterampilan membaca intensif siswa sebelum
penelitian adalah 55,85 dengan kategori kurang. Pada siklus pertama terjadi
peningkatan menjadi 69,75 dengan kategori cukup. Perubahan besar terjadi pada
siklus II dengan nilai rata-rata 88,75 dengan kategori baik. Dari hasil penelitian, dapat
disimpulkan bahwa keterampilan membaca intensif kelas empat MI Darussalam dapat
ditingkatkan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think-TalkWrite.
Detail Information
Citation
Dr. Nurmalina, M.Pd. (2020).
Application of Cooperative Learning Model Think-Talk-Write Type for Improving Intensive Reading Skills().:Journal of English Language and Education
Dr. Nurmalina, M.Pd.
Application of Cooperative Learning Model Think-Talk-Write Type for Improving Intensive Reading Skills().:Journal of English Language and Education,2020.Text
Dr. Nurmalina, M.Pd.
Application of Cooperative Learning Model Think-Talk-Write Type for Improving Intensive Reading Skills().:Journal of English Language and Education,2020.Text
Dr. Nurmalina, M.Pd.
Application of Cooperative Learning Model Think-Talk-Write Type for Improving Intensive Reading Skills().:Journal of English Language and Education,2020.Text