Detail Cantuman

Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang KIA Puskesmas Sedingin Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2020

Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang KIA Puskesmas Sedingin Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2020


Abstrak
Suatu pelayanan kesehatan dikatakan bermutu apabila mampu memberikan
kepuasan kepada pasien. Kepuasan pasien menjadi tanggungjawab pihak
pelayanan kesehatan. Fasilitas dan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan
harapan pasien, tidak menutup kemungkinan pasien tersebut akan selalu datang
dan berobat pada layanan kesehatan tersebut. Ketidak puasan pasien terhadap
pelayanan kesehatan salah satunya dipengaruhi oleh faktor komunikasi terapeutik
dalam memberikan asuhan kebidanan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien di
Ruang KIA Puskesmas Sedinginan. Desain penelitian yang di gunakan cross
sectional yang bersifat analitik Populasinya semua pasien di Ruang KIA
Puskesmas Sedinginan sejumlah 120 pasien. Tehnik sampling menggunakan
Accidental Sampling dengan sampel sebagian responden berjumlah 96 responden.
Variabel independen komunikasi terapeutik dan variabel dependennya kepuasan
pasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dengan analisa data
menggunakan uji chi-square. Hasil penelitian komunikasi terapeutik didapatkan
hasil dari 31 pasien yang menyatakan komunikasi terapeutik petugas KIA kurang
baik terdapat 10 pasien (10,4%) yang mengatakan puas sedangkan dari 65 pasien
yang menyatakan komunikasi terapeutik petugas KIA baik terdapat 15 pasien
(10,4) yang kurang puas. Berdasarkan uji statistic dengan uji chi-square diperoleh
p value =0,000 ≤ (0.05) dengan tingkat kepercayaan 95% maka Ho ditolak yang
artinya signifikan. Berarti ada hubungan antara komunikasi terapeutik dengan
tingkat kepuasan pasien di Ruang KIA Puskesmas Sedinginan Tahun 2020.


LOADING LIST...

LOADING LIST...

Detail Information

Bagian Informasi
Pernyataan Tanggungjawab
Pengarang Yulina - Personal Name (Pengarang)
Syukrianti Syahada - Personal Name (Dosen Pembimbing 1)
Neneng Fitria Ningsih - Personal Name (Dosen Pembimbing 2)
Edisi Publish
No. Panggil 05 20-27
Subyek Penelitian mahasiswa kebidanan
Komunikasi Terapeutik
Kepuasan Pasien
Klasifikasi 05 20-27
Judul Seri
GMD Text
Bahasa English
Penerbit Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
Tahun Terbit 2020
Tempat Terbit Bangkinang
Deskripsi Fisik KTI/Skripsi
Info Detil Spesifik


Citation

Yulina. (2020).Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang KIA Puskesmas Sedingin Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2020(Publish).Bangkinang:Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

Yulina.Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang KIA Puskesmas Sedingin Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2020(Publish).Bangkinang:Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,2020.Text

Yulina.Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang KIA Puskesmas Sedingin Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2020(Publish).Bangkinang:Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,2020.Text

Yulina.Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang KIA Puskesmas Sedingin Kabupaten Rokan Hilir Tahun 2020(Publish).Bangkinang:Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai,2020.Text

 



Homepage Info

Address :
Jl. Tuanku Tambusai No. 23 Bangkinang, Kampar, Riau, Indonesia - Kode Pos : 28412
Phone Number :
(0762) 21677
Fax Number :
(0762) 21677

    Koleksi

      No Librarian data yet